Rabu, 26 September 2012

Lapisan presentasi


Lapisan presentasi (Inggrispresentation layer) adalah lapisan keenam dari bawah dalam model referensi jaringan terbuka OSI. Pada lapisan ini terjadi pembuatan struktur data yang didapatnya dari lapisan aplikasi ke sebuah format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.
Presentation Layer adalah lapisan OSI yang bertanggung jawab dalam memberikan layanan penyajian format data untuk aplikasi-aplikasi pada Application Layer agar tidak terjadi pertukaran data yang tidak di inginkan antara aplikasi satu dengan yang lainnya.

 Lapisan ini juga bertanggungjawab untuk melakukan enkripsi datakompresi data, konversi set karakter (ASCII,UnicodeEBCDIC, atau set karakter lainnya), interpretasi perintah-perintah grafis, dan beberapa lainnya. Dalam arsitektur TCP/IP yang menggunakan model DARPA, tidak terdapat protokol lapisan ini secara khusus.
Layer presentasi berfungsi untuk menyediakan system penyajian data ke layer aplikasi, layer ini berfungsi menyediakan system pembentuk kode (format coding) dan menyediakan proseskonversi antar format coding yang berbeda. Komputer dikonfigurasi untuk menerima bentuk data yang umum dan kemudian mengubah ke dalam bentuk asli pada saat pembacaan (misalnya EBCDIC ke ASCII). Dengan menyediakan layanan translation, layer presentasi menjamin data yang dikirim dari layer aplikasi suatu system dapat dibaca oleh layer aplikasi di system yang lain.
OSI memiliki protocol-protokol standard yang mendefenisikan bagaimana data seharusnya terbentuk. Selain menyediakan format coding, layer ini pun menyediakan sarana untuk melakukan compression, decompression, encryption dan decryption.
Beberapa contoh aplikasi yang bekerja di layer presentasi, antara lain:
  • PICT, TIFF, JPEG, merupakan format data untuk aplikasi berupa gambar (image).
  • MIDI, MPEG, dan Quicktime, merupakan format data untuk aplikasi sound & movie.

Pada layer ini bertugan untuk mengurusi format data yang dapat dipahami oleh berbagai macam media. Selain itu layer ini juga dapat mengkonversi format data, sehingga layer berikutnya dapat memafami format yang diperlukan untuk komunikasi.
Contoh format data yang didukung oleh layer presentasi antara lain : Text, Data, Graphic, Visual Image, Sound, Video.Selain itu pada layer presentasi ini juga berfungsi sebagai enkripsi data. contoh protokolnya ASCII, MPEG, JPEG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar